Sekarang ini peranan IT dalam kehidupan
manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut
manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan
menggunakan handphone untuk komunikasi. Namun, hal tersebut juga harus
diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif.
Oleh karena tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk
kejahatan.
Contohnya jika anda pergi ke stasiun kereta
api Bandung atau Jakarta dan anda ingin membeli karcis kereta api, maka anda
harus antri di loket penjualan karcis kereta api yang sudah computerized. Suatu
saat sistem penjualan kereta api ini tidak berfungsi sehingga karcis dijual
tanpa nomor tempat duduk. Dapat anda bayangkan yang terjadi di atas kereta api,
kekacauan. Masalahnya ada yang sudah pesan tempat sebelumnya dan mendapat nomor
tempat duduk, sementara ada yang membeli karcis tanpa nomor tempat duduk
(karena komputer rusak). Informasi tentang nomor-nomor tempat duduk ini tidak
dapat diakses oleh penjual karcis, sehingga terjadi kekacauan.
Berikut ini adalah dampak-dampak dari
kemajuan IT di Indonesia:
1. Social Gaming
Dampak
perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih
seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang
ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini
dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan
berkembang seperti model game flash online.
2. Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan
muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan
dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki
Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa
software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
3. Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented
reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan
lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti
Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer
di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
4. Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010
tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu
trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya
infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya
adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook
yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
5. Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di
mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran
T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan
muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
6. Online Application
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus
terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web
dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang
tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan
maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia
dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
7. Cloud Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka
sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya
menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah
mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun
individu.
Perkembangan IT yang cukup pesat tersebut
harus diimbangi dengan kesdaran untuk menggunakan IT untuk kebaikan, untuk hal
yang positif. Sehingga sesuai dengan fungsi IT yaitu sebagai alat komunikasi
serta alat bantu manusia dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh informasi
serta berkomunikasi.
Edited by
Nurul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar